Praktikum 09 - Membuat Aset Sekunder (Capsule)

I. Tujuan

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.

II. Alat

Cinema 4D 

III. Bahan

tanpa bahan

IV. Dasar Teori

Polygonal Modeling, merupakan modeling yang terdiri dari vertices(vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge(garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang). Bidang yang dibentuk oleh vertex, edges maupun face ini salah satunya adalah primitive objek yang juga termasuk dalam teknik pemodelan. 

Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.

Smooth Shift adalah tools yang digunakan untuk memperhalus sebuah objek.kegunaan Smooth Shift adalah ketika kita belum mengaktifkan subdivision Surface kita akan tetap mendapatkan permukaan yang tetap kaku, namun ketika subdivision surface kita aktifkan maka kita akan mendapatkan permukaan yang tidak seratus persen kaku, ada beberapa bagian yang smooth.

V. Tugas Praktikum

Tirukan praktikum yang diberikan

VI. Petunjuk Praktikum

VII. Hasil Praktikum


VIII. Kesimpulan

Kesulitannya adalah dalam membentuk polygon dasar dan terdapat efek yang tidak bisa berdampak pada objek.






Form

XI. Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 08 - Membuat Material Mirip Lampu

Praktikum 5 : Dasar-Dasar After Effects

Praktikum 2 - Design Thinking