Praktikum 07 - Membuat Aset Utama

I. Tujuan

Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.

II. Alat

Adobe Premiere Pro CC
Cinema 4D 

III. Bahan

tanpa bahan

IV. Dasar Teori

NURBS (Non-Uniform Rational Bezier Spline) Modeling merupakan metode populer untuk membangun sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik.
Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks) dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.

Cara kerja Sweep di Cinema 4D :
Sapuan NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.

Bump map pada material setting :

Bump map merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam.

V. Tugas Praktikum

Tirukan praktikum yang diberikan

VI. Petunjuk Praktikum

VII. Hasil Praktikum




VIII. Kesimpulan

Kesulitan yang dialami adalah membuat objek utama dan objek sweep terlihat klop atau setara.





Form

XI. Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 08 - Membuat Material Mirip Lampu

Praktikum 5 : Dasar-Dasar After Effects

Praktikum 2 - Design Thinking