Praktikum 04 - Camera Depth Multi Pass Render and Compositing using Adobe After Effect

I. Tujuan

Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.

II. Alat

Adobe After Effects CC 2017
Maxon Cinema 4D R16

III. Bahan

Logo PENS (Tracing)
Asset sekunder [Download]

IV. Dasar Teori

Dalam melakukan praktikum ini kita memerlukan beberapa bagian dari cinema 4D seperti:
§  Camera Depth: Camera Depth merupakan kedalaman area yang bisa di tangkap oleh sebuah kamera.
§  Multi Pass Rendering: Multipass render adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum. Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering, yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu mengkonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh menyesuaikan rincian kecil atau melakukan perubahan.
§  Depth of Field : Dalam optik , terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field (DOF), juga disebut rentang fokus atau rentang fokus yang efektif, adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan yang muncul diterima tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada suatu waktu, penurunan ketajaman bertahap pada setiap sisi jarak fokus, sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat di bawah kondisi tampilan normal.
§  Compositing: Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing adalah berbagai disebut "chroma key", "blue screen", "layar hijau" dan nama lain. Saat ini, kebanyakan, meskipun tidak semua, compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital. Teknik compositing pra-digital, bagaimanapun, kembali sejauh film trik Georges Méliès pada akhir abad ke-19, dan beberapa masih digunakan

V. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan :
1. Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
2. Import masing-masing image sequences ke AE
3. Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur

VI. Petunjuk Praktikum

VII. Hasil Praktikum




VIII. Kesimpulan

Software Cinema 4D dipadukan dengan Adobe After Effect dapat digunakan untuk mendukung fitur-fitur pembuatan animasi 3D. Pada praktikum ini saya tidak mengalami kendala tetapi hanya saja pada saat multirender pass saya kurang memahami untuk menginput asset-asset ke AE.






Form

XI. Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 08 - Membuat Material Mirip Lampu

Praktikum 5 : Dasar-Dasar After Effects

Praktikum 2 - Design Thinking