Praktikum 03 - Secondary Assets, Logo Movement, dan F-Curves
I. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets, Movement dan F-Curves. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan F-Curves.II. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
III. Bahan
Logo PENS (Tracing)
Asset sekunder [Download]
Asset sekunder [Download]
IV. Dasar Teori
Fungsi Secondary Assets
Secondary assets berfungsi sebagai objek sekunder yang dapat dianimasikan berbeda dan diletakkan secara terpisah dengan objek utama. Sehingga dalam proses animating dapat lebih mudah untuk membedakan animasi secondary assets dengan obejk utama.
F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.
V. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan :
1. Tambahkan Secondary Assets
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
1. Tambahkan Secondary Assets
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
VI. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1. Menambahkan Secondary Assets menggunakan Cloner dan Helix Path.
2. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo).
3. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves.
VII. Hasil Praktikum
VIII. Analisa
Melanjutkan praktikum sebelum-belumnya. Pada praktikum ke 3 ini saya diajarkan untuk membuat animasi untuk penambahan Secondary Assets, Logo Movement dan F-Curves dengan software Cinema 4D. Sebelumnya saya telah mempersiapkan sebuah logo yang akan saya gunakan sebagai bahan praktikum yaitu lambang logo PENS. Lalu saya tracing terlebih dahulu sebelum saya import ke Cinema 4Dnya. Sesudah tracing, lalu saya save dengan {nama-v8}. v8 disini memungkinkan software Cinema 4D membaca ext dari logo kita. Kemudian mulai pada Cinema 4D kita membuat extrude atau kedalaman ruang pada masing-masing bentuk. Dan sebelumnya menambahkan Camera Path(arah pergerakan kamera) , Lighting dan Area Light. Kemudian melanjutkan dengan memberi Asset yang baru dengan menggunakan perputaran Helix dan Cloner. Untuk Logo Movement saya diajarkan untuk mengaktifkan Axis dan diposisikan pada 0 derajat untuk kesemua koordinat pada tiap-tiap extrude. Untuk F-Curves, saya mengatur keadaan pada saat dimana alur animasi dari pergerakan awal-akhir mengalami percepatan atau perlambatan. Saya otak-atik sendiri yang menurut saya adalah cocok.
IX. Kesimpulan
Software Cinema 4D dapat digunakan untuk mendukung fitur-fitur pembuatan animasi 3D. Pada praktikum ini saya sempat mengalami kendala adalah dimana pada saat Logo Movement yaitu tidak mengaktifkan "Enable Axis" sehingga objek berubah-ubah posisinya. Kemudian setelah saya lihat lagi dan mencoba mengulangi lagi, dan dapat berhasil.
X. Referensi
- http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/ Diakses pada tanggal 26 Maret 2018
- https://busybuzzlightyear.wordpress.com/ Diakses pada tanggal 26 Maret 2018
- http://dkv.binus.ac.id/2010/04/14/12-prinsip-animasi/ Diakses pada tanggal 26 Maret 2018
Komentar
Posting Komentar