Praktikum 01 - Logo 3D 360 (Turn Table Animation)

I. Tujuan

Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga Turn Table Animation.

II. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Adobe Premiere CC 2017

III. Bahan

Logo PENS (Tracing)

IV. Dasar Teori

Animasi dapat dikategorikan menjadi dua yaitu Animasi 2D dan Animasi 3D. Animasi 2D adalah sebuah karya gambar bergerak yang memakai lingkungan dua dimensi. Setiap gambar ini memiliki urutannya tersendiri yang akhirnya membuat frame berlatar dua dimensi. Sedangkan Animasi 3D adalah suatu objek animasi yang terdapat dalam ruang 3D. Objek animasi ini bisa berputar dan berpindah seperti objek aslinya. Perbedaannya terletak dari sudut pandangnya.

Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x,y, dan z yang memungkinkan untuk dapat melihat sudut pandang objek menjadi lebih nyata.
Image result for what difference between 2d and 3d animation

Pengertian Tracing
Tracing berawal dari kata trace yang bermaksud menelusuri atau penulusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan. Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai prose perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa. Tracing ini bisa dilakukan dengan beberapa aplikasi. Misalnya Adobe Illustrator, Corel Draw ataupun software khusus tracing lainnya. Tracing berarti adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing merupakan jawaban untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu.

Perbedaan Membuat Animasi pada Flash dan Cinema 4D
Perbedaan jelas terlihat pada penggunaan software itu sendiri. Jika dilihat dari softwarenya, Flash termasuk ke dalam software animasi 2D yaitu animasi yang menggunakan koordinat x dan y, tanpa memperhatikan kedalaman ruang atau z. Sedangkan Cinema 4D adalah software animasi 3D dimana animasi ini berada pada koordinat x,y dan z. Pada Cinema 4D telah terdapat fitur-fitur yang mendukung penggunaan pembuatan animasi 3D tesendiri seperti camera path, material, dsb. Kemungkinan Flash juga bisa digunakan untuk pembuatan animasi 3D, tetapi hanya saja masih belum mendukung untuk penggunaan seperti kedalaman ruang.

V. Tugas Praktikum

Buatlah animasi 360 derajat dari logo favorit kalian!

VI. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

1. Tracing Logo menggunakan  Illustrator
2. Membuat Logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file Illustrator
3. Membuat animasi 360 derajat
4. Merender animasi ke dalam file movie (mp4)

VII. Hasil Praktikum



VIII. Analisa

Pada praktikum ini saya diajarkan untuk membuat animasi berputar 360 derajat atau disebut Turn Table Animation dengan software Cinema 4D. Sebelumnya saya telah mempersiapkan sebuah logo yang akan saya gunakan sebagai bahan praktikum yaitu lambang logo PENS. Lalu saya tracing terlebih dahulu sebelum saya import ke Cinema 4Dnya. Sesudah tracing, lalu saya save dengan {nama-v8}. v8 disini memungkinkan software Cinema 4D membaca ext dari logo kita. Kemudian mulai pada Cinema 4D kita membuat extrude atau kedalaman ruang pada masing-masing bentuk. Sehingga didapat animasi logo 3D, lalu kita animasikan memutar 360 derajat sesuai dengan langkah-langkahnya.

IX. Kesimpulan

Software Cinema 4D dapat digunakan untuk mendukung fitur-fitur pembuatan animasi 3D. Pada praktikum ini kami tidak mengalami kendala apapun karena saya melihat sesuai intruksi langkah percobaan yang telah diberikan.

X. Referensi




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 08 - Membuat Material Mirip Lampu

Praktikum 5 : Dasar-Dasar After Effects

Praktikum 2 - Design Thinking