Praktikum 02 - Camera Path, Lighting, and Material

I. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light

II. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Adobe Premiere CC 2017

III. Bahan

Logo PENS (Tracing)

IV. Dasar Teori

Perbedaan Antara Motion Guide Pada Flash Dengan Camera Path
Motion guide yang ada pada flash biasanya digunakan untuk membuat animasi yang mengikuti sebuah lintasan tertentu. Disini yang bergerak adalah objeknya. Sedangkan pada camera path yang digunakna pada cinema4D yang bergerak merupakan arah penglihatan terhadap objek dari sisi depan kamera.

Perbedaan Antara Physical Sky dan Area Light
Physical Sky adalah proses pemberian warna pada backgrund. Tetapi yang membedakan pada background pada umumnya adalah, pada physical sky kita memberikan warna sebagai background berdasarkan waktu yang dapat kita setting (sesuai dengan praktikum kali ini).
Area light merupakan proses pemberian cahaya terhadap objek. Jika dapat diibaratkan. Area light merupakan matahari sedangkan physical sky adalah langit sehinggan objek yang kita buat dapat terlihat karena adanya bantuan area light.

Material dan Contoh Penggunaannya
Material biasanya ditambahkan pada akhirpembuatan animasi, bagian ini digunakan untuk menyempurnakan presentasi dari animasi yang telah dibuat. Terdapat beberapa elemen pada material yakni color, diffusion, luminance, transparency, enviroment, bump, fog, dll.

V. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan :
1. Pergerakan kamera menggunakan teknik Camera Path
2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

VI. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan Spline.
2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky.
3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light.
4. Menambahkan Material.

VII. Hasil Praktikum



VIII. Analisa

Melanjutkan praktikum sebelumnya. Pada praktikum ini saya diajarkan untuk membuat animasi untuk penambahan Camera Path, Lighting dan Materials dengan software Cinema 4D. Sebelumnya saya telah mempersiapkan sebuah logo yang akan saya gunakan sebagai bahan praktikum yaitu lambang logo PENS. Lalu saya tracing terlebih dahulu sebelum saya import ke Cinema 4Dnya. Sesudah tracing, lalu saya save dengan {nama-v8}. v8 disini memungkinkan software Cinema 4D membaca ext dari logo kita. Kemudian mulai pada Cinema 4D kita membuat extrude atau kedalaman ruang pada masing-masing bentuk. Kemudian melanjutkan dengan menambahkan Camera Path(arah pergerakan kamera) biasanya digunakan untuk kamera view. Lalu Lighting dengan menambahkan Physical Sky pada pukul 18.00 dan Area Light pada bagian sekitar objek agar terlihat terang. Dan Materials berupa penambahan warna pada setiap bagian objek dengan menggunakan Shader (Danel).

IX. Kesimpulan

Software Cinema 4D dapat digunakan untuk mendukung fitur-fitur pembuatan animasi 3D. Praktikum ini saya sempat mengalami kendala dimana saat meniru Camera Path terdapat hal-hal yang kurang, kemudian saya mencoba mengulangi dari awal dan mencobanya lagi sesuai langkah percobaan yang diberikan.

X. Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 08 - Membuat Material Mirip Lampu

Praktikum 5 : Dasar-Dasar After Effects

Praktikum 2 - Design Thinking