Praktikum 02 - Camera Path, Lighting, and Material
I. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area LightII. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Adobe Premiere CC 2017
Adobe Premiere CC 2017
III. Bahan
Logo PENS (Tracing)
IV. Dasar Teori
Perbedaan Antara Motion Guide Pada Flash Dengan Camera Path
Motion guide yang ada pada flash biasanya digunakan untuk membuat animasi yang mengikuti sebuah lintasan tertentu. Disini yang bergerak adalah objeknya. Sedangkan pada camera path yang digunakna pada cinema4D yang bergerak merupakan arah penglihatan terhadap objek dari sisi depan kamera.
Perbedaan Antara Physical Sky dan Area Light
Physical Sky adalah proses pemberian warna pada backgrund. Tetapi yang membedakan pada background pada umumnya adalah, pada physical sky kita memberikan warna sebagai background berdasarkan waktu yang dapat kita setting (sesuai dengan praktikum kali ini).
Area light merupakan proses pemberian cahaya terhadap objek. Jika dapat diibaratkan. Area light merupakan matahari sedangkan physical sky adalah langit sehinggan objek yang kita buat dapat terlihat karena adanya bantuan area light.
Material dan Contoh Penggunaannya
Material biasanya ditambahkan pada akhirpembuatan animasi, bagian ini digunakan untuk menyempurnakan presentasi dari animasi yang telah dibuat. Terdapat beberapa elemen pada material yakni color, diffusion, luminance, transparency, enviroment, bump, fog, dll.
V. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan :
1. Pergerakan kamera menggunakan teknik Camera Path
2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
1. Pergerakan kamera menggunakan teknik Camera Path
2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
VI. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan Spline.
2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky.
3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light.
4. Menambahkan Material.
VII. Hasil Praktikum
VIII. Analisa
Melanjutkan praktikum sebelumnya. Pada praktikum ini saya diajarkan untuk membuat animasi untuk penambahan Camera Path, Lighting dan Materials dengan software Cinema 4D. Sebelumnya saya telah mempersiapkan sebuah logo yang akan saya gunakan sebagai bahan praktikum yaitu lambang logo PENS. Lalu saya tracing terlebih dahulu sebelum saya import ke Cinema 4Dnya. Sesudah tracing, lalu saya save dengan {nama-v8}. v8 disini memungkinkan software Cinema 4D membaca ext dari logo kita. Kemudian mulai pada Cinema 4D kita membuat extrude atau kedalaman ruang pada masing-masing bentuk. Kemudian melanjutkan dengan menambahkan Camera Path(arah pergerakan kamera) biasanya digunakan untuk kamera view. Lalu Lighting dengan menambahkan Physical Sky pada pukul 18.00 dan Area Light pada bagian sekitar objek agar terlihat terang. Dan Materials berupa penambahan warna pada setiap bagian objek dengan menggunakan Shader (Danel).
IX. Kesimpulan
Software Cinema 4D dapat digunakan untuk mendukung fitur-fitur pembuatan animasi 3D. Praktikum ini saya sempat mengalami kendala dimana saat meniru Camera Path terdapat hal-hal yang kurang, kemudian saya mencoba mengulangi dari awal dan mencobanya lagi sesuai langkah percobaan yang diberikan.
X. Referensi
- http://www.mohhasbias.com/prak-02-camera-path-lighting-and-material/ Diakses pada tanggal 25 Maret 2018
- http://warungflash.com/2009/01/motion-guide/ Diakses pada tanggal 25 Maret 2018
- https://www.pluralsight.com/courses/logo-animation-cinema-4d-after-effects-1994 Diakses pada tanggal 25 Maret 2018
Komentar
Posting Komentar