Praktikum 1 : Membuat Animasi Pertama
TUJUAN
DASAR TEORI
REFERENSI
-Priyatmono Dody,"Membuat animasi karakter dengan after effect",[https://www.youtube.com/watch?v=1AHZdcwOxYw] diakses pada tanggal 15 September 2017
-http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/n!@file_skripsi/Isi3448758961688.pdf
KESIMPULAN
-Dapat mengetahui animasi serta
penerapannya
-Dapat mengetahui cara pembuatan
animasi
ALAT
ALAT
-Adobe
After Effect CC 2017
BAHAN
BAHAN
https://cdn.dribbble.com/users/328972/screenshots/2533715/eve_robot_1x.png
DASAR TEORI
Animasi
adalah kata yang berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa,
hidup, semangat. Karakter animasi yang sering digunakan adalah orang, hewan
maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. sehingga
karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang
seolah-olah hidup dan bergerak. Hal itu disebabkan oleh kumpulan gambar itu
berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar dapat berupa suatu
tulisan, bentuk benda, warna, special efek dan motion grafiknya. Animasi juga berasal dari kata
”Animation” yang dalam bahasa Inggris ”to animate” yang berarti menggerakan.
Jadi
animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang
diam.
Dalam
perkembangannya animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai:
Suatu
sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta
sebuah ilusi gambar bergerak. Animasi dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
a. Animasi
2 dimensi, yaitu perubahan visual yang membuat suatu gambar di layar terlihat hidup
pada sumbu X dan sumbu Y. Contohnya seperti perubahan warna, animasi cell, atau
perubahan bentuk dari tombol apabila tombol tersebut didekati oleh mouse.
b. Animasi
3 dimensi yaitu suatu bentuk perubahan
visual dari lingkungan virtual 3 dimensi yang dikalkulasikan dari 3 sumbu
(X,Y,Z). Lingkungan objek yang mempunyai sisi depan, belakang, samping, atas
dan bawah dari sudut pandang penonton. Animasi 3D juga bisa memanipulasi arah
cahaya dan titik pandang, yang memungkinkan penonton melihat keseluruhan objek
dari segala sisi. Animasi 3D terbentuk dari proses rendering frame yang
kemudian digabungkan menjadi animasi yang dapat bergerak.
Saat
ini terdapat banyak jenis software animasi yang beredar di pasaran, dari software
yang mempunyai kemampuan yang sederhana hingga yang kompleks, dari yang gratis
hingga puluhan juta rupiah.
Dari sisi fungsi penggunaan software
animasi dapat dikelompokkan menjadi Software Animasi 2 Dimensi dan Software Animasi
3 Dimensi.
1. Software Animasi 2 Dimensi.
Software animasi 2D adalah software yang
digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai
kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat
mengimpor suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit.
Contoh dari Software Animasi 2D ini antara
lain:
• Macromedia Flash
• Adobe Flash
• Macromedia Director
• ToonBoom Studio
• Adobe ImageReady
• Corel RaVe
•
Swish Max
• Adobe After Effect
2. Software Animasi 3 Dimensi
Software animasi 3D mempunyai fasilitas
dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan
kemampuan tersebut antara lain, membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera,
pemberian efek, import video dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa
software animasi 3D mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi
figure(manusia), animasi landscape (pemandangan), animasi title (judul), dll.
Karena kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan
yang cukup tinggi dan terkadang rumit.
Contoh dari Software Animasi 3D ini antara
lain:
• 3D Studio Max
• Maya
• Poser (figure animation)
• Bryce (landscape animation)
• Vue (landscape animation)
• Cinema 4D
• Blender (gratis)
• Daz3D (gratis)
TUGAS
PRAKTIKUM
Buatlah sebuah animasi berbasis 2D!
HASIL PRAKTIKUM
PETUNJUK PRAKTIKUM
HASIL PRAKTIKUM
REFERENSI
-Priyatmono Dody,"Membuat animasi karakter dengan after effect",[https://www.youtube.com/watch?v=1AHZdcwOxYw] diakses pada tanggal 15 September 2017
-http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/n!@file_skripsi/Isi3448758961688.pdf
KESIMPULAN
Pada
praktikum yang pertama ini, pada awalnya saya bingung dan kesulitan ingin membuat animasi jenis apa, kemudian terlintas di pikiran saya untuk membuat animasi karakter berbasis 2D
dimana itu sendiri masih termasuk animasi 2D yaitu gambar yang bergerak di bidang X dan
Y. Animasi karakter 2D yang saya buat ialah tokoh dari film Wall- E yang sedang
membuang sampah dan dibuat dengan menggunakan software Adobe After
Effect yang disusun sedemikian rupa menggunakan teknik transformasi
posisi dan rotasi sehingga dapat bergerak. Pada praktikum pertama inilah saya baru dikenalkan menggunakan aplikasi Adobe After Effect.
Komentar
Posting Komentar