Praktikum 1 : Membuat Animasi Pertama

TUJUAN
-Dapat mengetahui animasi serta penerapannya
-Dapat mengetahui cara pembuatan animasi 

ALAT
-Adobe After Effect  CC 2017


BAHAN
https://cdn.dribbble.com/users/328972/screenshots/2533715/eve_robot_1x.png 

DASAR TEORI
Animasi adalah kata yang berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Karakter animasi yang sering digunakan adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. sehingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup dan bergerak. Hal itu disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar dapat berupa suatu tulisan, bentuk benda, warna, special efek dan motion grafiknya. Animasi juga berasal dari kata ”Animation” yang dalam bahasa Inggris ”to animate” yang berarti menggerakan.
Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam.
Dalam perkembangannya animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai:
Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak. Animasi dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
a.       Animasi 2 dimensi, yaitu perubahan visual yang membuat suatu gambar di layar terlihat hidup pada sumbu X dan sumbu Y. Contohnya seperti perubahan warna, animasi cell, atau perubahan bentuk dari tombol apabila tombol tersebut didekati oleh mouse.
b.      Animasi 3 dimensi yaitu  suatu bentuk perubahan visual dari lingkungan virtual 3 dimensi yang dikalkulasikan dari 3 sumbu (X,Y,Z). Lingkungan objek yang mempunyai sisi depan, belakang, samping, atas dan bawah dari sudut pandang penonton. Animasi 3D juga bisa memanipulasi arah cahaya dan titik pandang, yang memungkinkan penonton melihat keseluruhan objek dari segala sisi. Animasi 3D terbentuk dari proses rendering frame yang kemudian digabungkan menjadi animasi yang dapat bergerak.
Saat ini terdapat banyak jenis software animasi yang beredar di pasaran, dari software yang mempunyai kemampuan yang sederhana hingga yang kompleks, dari yang gratis hingga puluhan juta rupiah.
Dari sisi fungsi penggunaan software animasi dapat dikelompokkan menjadi Software Animasi 2 Dimensi dan Software Animasi 3 Dimensi.
1.    Software Animasi 2 Dimensi.
Software animasi 2D adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit.
Contoh dari Software Animasi 2D ini antara lain:
• Macromedia Flash
• Adobe Flash
• Macromedia Director
• ToonBoom Studio
• Adobe ImageReady
• Corel RaVe
 • Swish Max
• Adobe After Effect
2.    Software Animasi 3 Dimensi
Software animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain, membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3D mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure(manusia), animasi landscape (pemandangan), animasi title (judul), dll. Karena kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi dan terkadang rumit.
Contoh dari Software Animasi 3D ini antara lain:
• 3D Studio Max
• Maya
• Poser (figure animation)
• Bryce (landscape animation)
• Vue (landscape animation)
• Cinema 4D
• Blender (gratis)
• Daz3D (gratis)

TUGAS PRAKTIKUM
Buatlah sebuah animasi berbasis 2D! 


PETUNJUK PRAKTIKUM
 


  HASIL PRAKTIKUM




REFERENSI
-Priyatmono Dody,"Membuat animasi karakter dengan after effect",[https://www.youtube.com/watch?v=1AHZdcwOxYw] diakses pada tanggal 15 September 2017
-http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/n!@file_skripsi/Isi3448758961688.pdf


KESIMPULAN
Pada praktikum yang pertama ini, pada awalnya saya bingung dan kesulitan ingin membuat animasi jenis apa, kemudian terlintas di pikiran saya untuk membuat animasi karakter berbasis 2D dimana itu sendiri masih termasuk animasi 2D yaitu gambar yang bergerak di bidang X dan Y. Animasi karakter 2D yang saya buat ialah tokoh dari film Wall- E yang  sedang membuang sampah dan dibuat dengan menggunakan software Adobe After Effect yang disusun sedemikian rupa menggunakan teknik transformasi posisi dan rotasi sehingga dapat bergerak. Pada praktikum pertama inilah saya baru dikenalkan menggunakan aplikasi Adobe After Effect.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 08 - Membuat Material Mirip Lampu

Praktikum 5 : Dasar-Dasar After Effects

Praktikum 2 - Design Thinking