Praktikum 2 : Mengaplikasikan elemen shape

TUJUAN
Mengeksplore possibilities dalam menganimasikan elemen shape

ALAT
-PowerPoint 2016


BAHAN
Geometric Shape (Bebas)

DASAR TEORI
Dari sudut pandang psikologi, geometri berupa pengalaman visual dan spasial, misalnya bidang, pola, pengukuran dan pemetaan. Sedangkan dari sudut pandang matematik, geometri menyediakan pendekatan-pendekatan untuk pemecahan masalah, misalnya gambar-gambar, diagram, sistem koordinat, vektor, dan transformasi.Geometri menurut Clements (dalam Nidho, 2013) membangun konsep dimulai dengan mengidentifikasi bentuk-bentuk dan menyelidiki bangunan dan memisahkan gambar-gambar seperti segi empat, lingkaran, segitiga. Ismiyani (dalam Faudiyah Nidho, 2013) Menyatakan bahwa geometri adalah pemahaman konsep berbagai bentuk geometri bangun datar dan bangun ruang. Mengenal nama dan ciri-ciri berbagai bentuk geometri itu serta mencari bentuk-bentuk yang sama dengan masing-masing bentuk tersebut dalam dunia nyata. 

Geometri merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang sangat terkait dengan bentuk, ukuran, dan pemposisian. Geometri juga dapat membangun konsep dimulai dengan mengidentifikasi bentuk-bentuk dan menyelidiki bangunan dan memisahkan gambar-gambar seperti segi empat, lingkaran, segitiga.

TUGAS PRAKTIKUM
  1. Animasikan posisi dari sebuah Geometric Shape!
  2. Animasikan rotasi dari sebuah Geometric Shape!
  3. Animasikan Skala dari sebuah Geometric Shape!
  4. Buat animasi bebas menggunakan Geometric Shape dan ceritakan properti apa saja yang dianimasikan!
HASIL PRAKTIKUM
  1. Animasi Posisi
  2.  
     2. Animasi Rotasi 


    3. Animasi Skala

     4.Animasi Bebas

 

KESIMPULAN
Pada praktikum ini kami diajarkan untuk membuat animasi geometri shape dari PowerPoint, geometri bisa berbentuk bebas seperti segitiga, segi empat, segitiga, lingkaran, dan sebagainya. Di dalam pengerjaan ini, saya tidak memiliki kesulitan untuk membuat animasinya, tetapi hanya saya tidak menemukan ide untuk memadukan shape demi shape dalam pembuatan animasinya. Dibalik itu, saya berusaha menciptakan animasi shape ini agar bergerak dengan teknik-teknik animasi yang telah diajarkan.
 
REFERENSI
-Pitriani ,2014, "PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN PROGRAM KOMPUTER CABRI 3D UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL-SPATIAL THINKING DAN HABIT OF THINKING FLEXIBLY SISWA SMA".Universitas Pendidikan Indonesia.  URL: http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/10006/2/T1_272012025_BAB%20II.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 08 - Membuat Material Mirip Lampu

Praktikum 5 : Dasar-Dasar After Effects

Praktikum 2 - Design Thinking